Press "Enter" to skip to content

10 Ramuan Herbal Penurun Kolesterol Tinggi

10 Ramuan Herbal Penurun Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi sering disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti diet tinggi lemak jenuh dan kurangnya aktivitas fisik yang memadai.

Faktor-faktor seperti obesitas, merokok, minum alkohol berlebihan, penuaan (arteri cenderung untuk mempersempit dengan usia), genetika, dan kondisi yang mendasarinya tertentu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit ginjal atau hati juga meningkatkan risiko mengembangkan masalah ini.

Kolesterol adalah zat lemak dalam darah Anda yang diperlukan untuk membangun dan memelihara membran sel, mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, dan fungsi penting lainnya.

Namun, tingkat tinggi kolesterol, juga disebut hiperkolesterolemia, tidak sehat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bahkan fatal. Kolesterol cenderung menumpuk di sepanjang dinding arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Biasanya, kadar kolesterol darah harus tetap di bawah 200 mg / dL (miligram per desiliter darah). Hal ini dianggap tinggi batas saat itu adalah antara 200 dan 239 mg / dL, dan ketika itu meningkat menjadi 240 atau lebih tinggi mg / dL itu dianggap sebagai kolesterol tinggi.

Baca juga : 

Sebagian besar, profil tes yang disebut lipoprotein digunakan untuk menguji kadar kolesterol dalam hal kolesterol total (jumlah HDL, LDL dan VLDL), HDL, LDL dan trigliserida.

Dari jumlah tersebut, HDL, atau high density lipoprotein, dianggap baik karena membawa kolesterol ke hati di mana ia bisa dipecah dan diproses ulang.

Meskipun baik untuk alasan itu, tubuh Anda membutuhkan sejumlah HDL untuk melakukan fungsinya secara penuh. Mereka dengan rendahnya tingkat HDL dianggap berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Baca : Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung

LDL, atau low density lipoprotein, di sisi lain, dianggap buruk. Ini adalah kolesterol yang cenderung membangun sepanjang dinding bagian dalam arteri dan lebih penyebab waktu penyempitan pembuluh darah ini.

Berikut adalah 10 Ramuan Herbal Penurun Kolesterol Tinggi

 

1. Biji Ketumbar

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketumbar membantu menurunkan kadar kolesterol total, LDL (‘buruk’ kolesterol), dan trigliserida. Biji ketumbar juga memiliki efek hipoglikemik dan dapat berguna dalam manajemen diabetes.

  • Tambahkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar dengan satu cangkir air.
  • Rebus campuran dan kemudian saring.
  • Minum sekali atau dua kali sehari. Anda dapat menambahkan susu, gula, dan kapulaga untuk itu dan menggunakannya sebagai pengganti teh biasa Anda.
    Jika Anda tidak memiliki bubuk biji ketumbar, maka cukup menggunakan biji ketumbar atau panggang kering dan menggiling mereka untuk membuat bubuk.

2. Bawang

Bawang merah bermanfaat dalam berurusan dengan kolesterol tinggi. Para ilmuwan di Hong Kong menemukan bahwa mereka dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini, pada gilirannya, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Campurkan satu sendok teh masing-masing jus bawang dan madu. Minum sehari sekali.
  • Tambahkan satu cincang halus bawang dan seperempat sendok teh merica untuk satu cangkir buttermilk. Mengkonsumsinya secara teratur.
  • Juga termasuk bawang, jahe, dan bawang putih dalam diet Anda.

Baca : Ternyata Detak Jantung Menentukan Kondisi Kesehatan

3. Gooseberry India

Gooseberry India, atau KLSLM, bertindak sebagai agen hipolipidemik alami, yang berarti bahwa itu mempromosikan pengurangan konsentrasi lipid dalam serum. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Research & Health Sciences mengungkapkan bahwa buah ini memiliki efek antihyperlipidemic, anti-aterogenik, dan hipolipidemik.

4. Apple Cider Vinegar / Cuka Sari Apel

Cuka sari apel membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida Anda. Selain itu, adalah obat rumah untuk sejumlah penyakit termasuk refluks asam, tekanan darah tinggi, asam urat, infeksi saluran pernapasan atas, dan lain-lain.

  • Campurkan satu sendok teh cuka sari apel organik dalam segelas air.
  • Minum ini dua atau tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan.
  • Anda bisa secara bertahap meningkatkan jumlah cuka sari apel untuk dua sendok makan per gelas. Jika Anda tidak suka rasa cuka sari apel, Anda mungkin mencampurnya dengan jus jeruk segar, jus apel, jus anggur, atau jus buah lainnya.

5. Orange Juice

Minum tiga cangkir jus jeruk segar setiap hari bisa sangat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol darah secara alami karena kaya akan vitamin C, folat, dan flavonoid.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum 750 ml jus jeruk murni setiap hari dapat meningkatkan kolesterol HDL dan trigliserida, dan menurunkan LDL / rasio HDL pada pasien hiperkolesterolemia.

Jus jeruk yang diperkaya dengan sterol lebih baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 3 gram fitosterol sehari dapat membantu menurunkan kolesterol total yang lebih rendah hingga 11% dan LDL hingga 15%. Jadi, minum dua gelas fortifikasi sterol jus jeruk per hari.

Baca : 5 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan

6. Minyak Kelapa

Meskipun berlawanan dengan intuisi, minyak kelapa dianggap sebagai obat rumah yang bermanfaat untuk kolesterol tinggi, meskipun itu adalah lemak jenuh. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang membantu meningkatkan HDL (kolesterol ‘baik’) dan meningkatkan LDL rasio / HDL.

Tambahkan jumlah minyak kelapa organik untuk diet Anda. Anda dapat mengkonsumsi satu untuk dua sendok makan minyak ini setiap hari. Jangan gunakan minyak kelapa olahan atau diproses.

7. Oatmeal

Menikmati semangkuk oatmeal adalah cara mudah namun efektif untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Hal ini penuh dengan serat larut dan mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Satu dan satu-setengah cangkir oatmeal dimasak atau satu cangkir dedak gandum mengandung sekitar tiga gram serat larut, beta-glukan. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan seperti apel, pisang, stroberi, dan kenari untuk oatmeal Anda untuk menambahkan manfaat kesehatan.

8. Minyak Ikan

Minyak ikan dan ikan berlemak seperti makarel, tuna, trout, herring, salmon, bluefish, sarden, dan sejenisnya yang dikemas dengan asam lemak omega-3. Mereka membantu menurunkan trigliserida (lemak dalam darah) dan mencegah penyakit jantung.

Mengkonsumsi sekitar 1-4 gram minyak ikan per hari. Jika Anda telah mengadopsi vegan atau vegetarian, termasuk biji rami tanah, yang juga kaya asam lemak omega-3, dalam diet Anda.

Baca : Manfaat Chitin Atau Chitosan Bagi Kesehatan

9. Ragi Beras Merah

Ragi beras merah mengandung senyawa yang dikenal sebagai monacolins yang menghambat sintesis kolesterol dan karenanya membantu menurunkan kolesterol. Sederhananya, itu adalah beras yang difermentasi oleh ragi merah (monascus purpureus). Selama ribuan tahun, telah digunakan di Cina untuk tujuan pengobatan. Anda bisa mendapatkan tablet beras ragi merah dari apotek atau toko makanan kesehatan.

Untuk kolesterol tinggi, Anda bisa mengambil 1200-2400 mg suplemen sekali atau dua kali sehari. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen makanan ini dapat menurunkan (‘buruk’) kadar kolesterol total dan LDL. Namun, berhati-hati saat mengambil suplemen ini sebagai tepat dosis dan jangka panjang efek mereka masih belum jelas.

Selain itu, beberapa produk beras ragi merah mengandung lovastatin dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan efek samping. Cara terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda mulai mengambil mereka. Jangan mengambil suplemen ini selama kehamilan, menyusui atau ketika menderita masalah hati.

10. Kacang

Kenari, almond, kacang, hazelnut, pistachio, pecan, dan kacang-kacangan lainnya dan biji-bijian berguna dalam mengendalikan kolesterol tinggi karena mereka kaya akan sterol dan serat. Kenari, khususnya, telah ditemukan untuk membantu kadar kolesterol total dan trigliserida.

Jadi, sekarang Anda memiliki alasan yang baik untuk menikmati segenggam (satu dan satu-setengah ons) kacang panggang lezat teratur; tapi jangan berlebihan. Juga, meningkatkan konsumsi biji-bijian dan makanan tinggi serat lainnya.

Seiring dengan pengobatan rumah ini, adalah penting untuk membuat diet dan gaya hidup sehat. Menghilangkan lemak trans dari diet Anda; mereka meningkatkan LDL Anda ( ‘buruk’ kolesterol) dan menurunkan HDL Anda (kolesterol ‘baik’). Plus, makan diet tinggi vitamin C (100 sampai 200 mg per hari) untuk membantu menurunkan kolesterol.

Baca : 

Ramuan Herbal || Ramuan Herbal Penurun Kolesterol Tinggi

3 Comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini!

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: