Press "Enter" to skip to content

8 Manfaat Kesehatan Penting dari Protein Untuk Tubuh

8 Manfaat Kesehatan Penting dari Protein Untuk Tubuh – Kita perlu makan banyak makanan protein setiap hari untuk menjaga metabolisme tubuh kita berjalan dengan baik, energi kita dan kadar gula darah kita stabil. Anda mungkin makan cukup protein secara keseluruhan, tetapi apakah Anda makan jenis yang tepat?

Protein digunakan dalam setiap sel dalam tubuh kita dan sangat penting untuk membangun massa otot, mendukung fungsi neurologis, membantu pencernaan, membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan menjaga optimis suasana hati kita. Makanan protein juga bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan karena mereka membuat kita merasa kenyang dan membutuhkan lebih banyak pekerjaan bagi tubuh untuk mencerna karbohidrat.

Mengapa Makanan Protein Jadi Penting?

Protein dianggap rantai panjang asam amino, yang merupakan molekul penting yang kita dapatkan dari makanan kita. Asam amino dapat ditemukan di berbagai jenis makanan, bahkan sayuran, tetapi sumber tertinggi adalah mereka yang berasal dari hewan – seperti daging, susu, telur dan ikan – ditambah pada tingkat lebih rendah makanan nabati tertentu seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Meskipun asam amino adalah senyawa kimia yang terpisah yang disimpan dalam berbagai makanan yang berbeda, dalam tubuh mereka digunakan bersama oleh ikatan peptida. Tanpa sumber makanan protein yang beragam cukup dalam diet Anda, Anda berisiko menjadi kekurangan asam amino tertentu. Hasilnya Anda akan mendapatkan energi yang rendah, masalah perkembangan massa otot, konsentrasi rendah dan gangguan memori, perubahan suasana hati, kadar gula darah yang tidak stabil dan kesulitan mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Protein digunakan setiap hari untuk menjaga tubuh. Karena mereka digunakan untuk mengembangkan, tumbuh dan mempertahankan hampir setiap bagian dari tubuh kita – dari kulit dan rambut kita untuk enzim pencernaan kita dan antibodi sistem kekebalan tubuh – mereka selalu rusak dan harus diganti.

Makan terlalu sedikit protein dapat mengakibatkan gejala-gejala ini:

  • Sebuah metabolisme yang lambat
  • Kesulitan menurunkan berat badan
  • Gangguan perkembangan massa otot
  • Tingkat energi yang rendah dan kelelahan
  • Konsentrasi yang buruk dan kesulitan belajar
  • Kemurungan dan perubahan suasana hati
  • Otot, tulang dan nyeri sendi
  • Perubahan gula darah yang dapat menyebabkan diabetes
  • Lambat dalam penyembuhan luka
  • Imunitas rendah

Apa yang Membuat Beberapa Makanan Protein Lebih Baik Daripada Yang Lain?

Tubuh dapat membuat beberapa asam amino sendiri, tapi sisanya harus diperoleh dari makanan berprotein. Dari 20 total asam amino yang ada, zat/nutrisi tertentu yang dianggap “penting” karena ini adalah jenis-jenis tertentu yang tidak mampu di buat oleh diri kita. Dan yang lainnya adalah “tidak penting” karena tubuh dapat membuat mereka dengan sintesis asam amino lainnya.

20 asam amino yang berbeda semua unik dan memiliki fungsi tertentu dalam tubuh, jadi penting untuk menutupi dasar Anda dan makan berbagai makanan tinggi protein dalam rangka untuk memastikan Anda tidak kekurangan jenis tertentu. Bahkan ketika asam amino tidak ada, itu lebih bermanfaat untuk mendapatkannya dari makanan karena ini memerlukan lebih sedikit pekerjaan bagi tubuh.

Di luar AS, dan sebagian besar negara-negara maju lainnya, orang jarang kekurangan protein (kondisi yang disebut Kwashiorkor). Namun, banyak orang makan makanan yang sama setiap hari dan tidak bervariasi sehingga diet mereka tidak cukup untuk mendapatkan semua asam amino esensial secara teratur. Jadi makan banyak protein secara umum adalah penting, itu juga penting untuk makan berbagai makanan protein yang berbeda.

Orang yang memiliki rendah kalori, vegan atau vegetarian terutama pada risiko yang lebih tinggi untuk kehilangan asam amino penting mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan, ini karena makanan hewani dianggap sebagai “protein lengkap” (yang berarti mengandung semua asam amino esensial) tetapi banyak makanan nabati yang tidak terlalu banyak mengandung protein. Ini mungkin penting untuk menggabungkan makanan nabati yang berbeda untuk menciptakan kombinasi yang memiliki semua aminos penting – seperti makan nasi dengan kacang atau sayuran dengan biji-bijian, misalnya – tetapi beberapa ahli kesehatan percaya ini tidak seoptimal makan makanan yang lengkap dari sumber protein.

Apa ada beberapa pilihan makanan protein tinggi  yang merupakan protein lengkap?

Beberapa sumber protein favorit termasuk daging sapi yang diberi makan rumput, susu organik mentah, telur ayam kampung dan ikan liar. Daging sapi yang makan rumput mengandung asam khusus yang dapat meningkatkan kekebalan conjugated linoleic (CLA pelawan kanker) dan lemak jenuh yang sehat, ditambah kandungan gizi lebih unggul daripada daging sapi konvensional. Demikian pula, bison, rusa dan domba juga pilihan yang baik.

Ikan liar adalah satu set lengkap asam amino, ditambah itu salah satu omega-3 makanan sehat untuk jantung. Telur dan produk susu mentah memberikan tingkat tinggi nutrisi selain protein, ditambah mereka serbaguna. Susu mentah seperti yogurt dan kefir juga menyediakan probiotik ramah usus yang meningkatkan pencernaan dan kekebalan.

Satu hal yang harus perhatikan adalah pembelian makanan protein berkualitas tinggi, terutama jika mereka hewani. Apa yang dimaksudkan dengan ini? Pastikan untuk membeli daging yang makan rumput, telur ayam kampung atau unggas, susu yang tidak dipasteurisasi dan ikan liar adalah kunci untuk mendapatkan cukup protein sementara juga mengurangi racun dalam diet Anda.

Kualitas produk hewani mengandung lebih banyak nutrisi daripada makanan konvensional jika binatang itu sendiri lebih sehat dan makan makanan yang lebih alami dan padat nutrisi. Kita juga tahu ada beberapa bahaya nyata dari ikan ternak ketika kita memakannya dalam jumlah besar. Protein berkualitas tinggi akan memberikan lebih banyak trace mineral dan vitamin, asam lemak sehat, dan mengandung polutan jauh lebih sedikit, logam berat, atau potensi hormon sintetis dan antibiotik.

Berapa Banyak Makanan Berprotein Yang Kita Harus Makan Sehari-hari?

Kita semua membutuhkan tingkat yang berbeda dari protein berdasarkan kebutuhan yang tepat. Misalnya, berat badan, jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas atau berolahraga semua menentukan seberapa banyak protein yang terbaik untuk Anda. Ada juga beberapa kondisi kesehatan yang membutuhkan orang untuk baik makan lebih atau kurang protein daripada orang lainnya. Dan atlet perlu makan lebih banyak makanan berprotein untuk energi dan kinerja, termasuk banyak protein berkualitas.

Ada beberapa pedoman protein umum yang dapat berfungsi sebagai rekomendasi yang bagus untuk tujuan setiap hari. Menurut USDA, asupan harian yang direkomendasikan dari protein untuk orang dewasa yang berada pada berat rata-rata dan tingkat aktivitas adalah:

  • 56 gram per hari untuk pria
  • 46 gram per hari untuk wanita

Jumlah tersebut di atas adalah jumlah minimum protein dan Anda harus berusaha untuk setiap hari, dengan asumsi Anda sehat dan cukup aktif. Jumlah ini sama dengan makan sekitar 0,36 gram protein untuk setiap pon yang berat.

Lebih idealnya, kami sarankan Anda menimbang berat badan Anda dan kalikan jumlahnya dengan 0,5. Hasilnya adalah jumlah dalam gram protein idealnya Anda harus makan setiap hari. Misalnya, seorang wanita yang memiliki berat 150 pound akan bertujuan untuk makan 75 gram protein setiap hari dan seorang pria yang memiliki berat 180 pound dan harus makan 90 gram protein.

Secara keseluruhan, kami sarankan Anda membuat sekitar 30 persen dari piring Anda dengan sumber protein berkualitas tinggi setiap kali makan. Hal ini memastikan Anda makan cukup sepanjang hari untuk memenuhi kebutuhan Anda dan mencegah Anda dari makan berlebihan karbohidrat dan makanan junk.

Hal terbaik untuk makan dalam jumlah kecil protein sepanjang hari bukannya yang sangat besar yang melayani hanya sekali atau dua kali. Ini memberikan tubuh Anda jumlah yang tepat dari protein yang dibutuhkan pada waktu tertentu, karena hanya begitu banyak dapat dimanfaatkan sekaligus (sisanya akan disimpan sebagai lemak atau dihilangkan). Karena tubuh Anda tidak dapat menyimpan protein, memenuhi kebutuhan protein sepanjang hari adalah cara paling pasti untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, menangkal kelaparan dan mendukung metabolisme Anda.

11 Makanan Berprotein Tinggi untuk Disertakan dalam Diet Anda

  1. Daging sapi pemakan rumput (4) – 3 ons: 19 gram (46% DV)
  2. Protein kaldu tulang – ¼ cangkir / sekitar 1 porsi: 20 gram
  3. Lentil (6) – 1 cangkir: 18 gram (36% DV)
  4. Ikan liar (salmon, mackerel, tuna, dll) (7) -3 ons salmon: 17 gram (40% DV)
  5. Ayam Organik (8) – payudara 1 ayam: 16 gram (38% DV)
  6. Kacang hitam (atau kacang-kacangan lainnya) (9) – 1 cangkir: 15 gram
  7. Natto (10) – ½ cangkir: 15 gram
  8. Susu mentah (11) – 1 cangkir: 8 gram (16% DV)
  9. Kefir atau yogurt (12) – 6 ons: 6-9 gram (16% DV)
  10. Telur ayam organik (13) – 1 besar: 7 gram (14% DV)
  11. Keju mentah (14) – 1 ons keju kambing: 7 gram (14% DV)

8 Manfaat Kesehatan Penting dari Protein Untuk Tubuh

1. Membantu meningkatkan massa otot

Makan cukup protein diperlukan untuk membangun dan mempertahankan massa otot yang sehat, sementara juga mendukung tendon, ligamen dan jaringan tubuh lainnya. Ketika diet Anda kurang terhadap asam amino, “atrofi otot” (atau atrofi otot) dapat terjadi ketika serat otot Anda dipecah untuk mendukung kebutuhan energi tubuh Anda.

Protein sangat penting setelah berolahraga, karena aktivitas fisik seperti latihan kekuatan sengaja merusak jaringan otot sehingga mereka dapat memperbaiki dan tumbuh kembali lebih kuat. Untuk proses terjadi secara efektif, Anda memerlukan beberapa protein tambahan untuk membantu memperbaiki kerusakan. Sementara protein saja tidak akan meningkatkan kinerja atletik, penelitian menunjukkan bahwa makan protein sebelum dan sesudah latihan membantu meningkatkan pemulihan otot, meningkatkan sintesis otot dan melayani pengobatan efektif sakit otot.

2. Membantu Mengelola Berat Badan Anda

Meskipun beberapa studi penelitian menunjukkan hasil yang bertentangan mengenai diet protein tinggi dibandingkan diet rendah protein untuk menjaga berat badan ideal atau kehilangan berat badan dengan cepat, ada bukti banyak bahwa protein membantu untuk membuat Anda merasa kenyang dan dapat mencegah makan berlebihan. Sementara perubahan diet atau gaya hidup harus dipersonalisasi untuk menurunkan berat badan yang efektif, studi menunjukkan bahwa asupan kalori terkontrol dalam hubungan dengan asupan cukup tinggi protein dapat menjadi strategi penurunan berat badan yang efektif dan praktis.

Beberapa alasan ini benar? makanan tinggi protein menyebabkan peningkatan kenyang ke tingkat yang lebih besar dari karbohidrat atau lemak, sehingga mereka dapat mencegah makan berlebihan dan ngemil. Ini biasanya lebih mudah untuk makan berlebihan karbohidrat, terutama jika mereka halus atau manis, daripada makan berlebihan makanan protein yang sehat. Makan protein juga menciptakan proses dalam tubuh yang dikenal sebagai thermogenesis, yang mengharuskan tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak energi (kalori) untuk mencerna makanan. Pada saat yang sama, protein membantu untuk menangkal hilangnya otot yang dapat hasil dari diet rendah kalori, yang membuat protein super tertentu untuk menurunkan berat badan.

3. Menstabilkan Tingkat Gula Darah

Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk karbohidrat, lemak dan protein untuk dimetabolisme. Namun, karbohidrat membutuhkan lebih banyak insulin dari lemak atau protein. Kepastian utama kadar gula darah adalah respon indeks glisemik dari makanan yang Anda makan, jadi sambil makan hasil tinggi karbohidrat dan tinggi gula makanan di fluktuasi kadar gula darah, makan protein tidak sebaliknya.

Makan makanan dengan protein memiliki efek minimal terhadap kadar glukosa darah. Pada kenyataannya, memperlambat penyerapan gula selama makan. Ini berarti diet tinggi protein dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, yang terutama penting untuk mencegah diabetes tipe 2, menyeimbangkan tingkat energi dan menjaga nafsu makan Anda dan suasana hati.

4. Membantu Meningkatkan Mood

Asam amino tertentu dari makanan protein yang diperlukan untuk menyeimbangkan hormon secara alami, mengontrol suasana hati Anda dan bertindak sebagai obat alami untuk kegelisahan. Protein membantu fungsi neurotransmitter dan mensintesis hormon seperti dopamine dan serotonin yang menenangkan kita dan menjaga pandangan kita positif.

Banyak orang yang kurang dalam asam amino mulai mengalami kelemahan, kemurungan, dan peningkatan kecemasan atau tanda-tanda depresi karena alasan ini. Protein membantu menstabilkan glukosa dalam darah Anda, itu juga mencegah perubahan mood, mudah marah dan keinginan yang dapat terjadi karena fluktuasi kadar gula darah.

5. Promosikan Fungsi Otak Sehat dan Belajar

Protein diperlukan untuk membuat enzim, hormon dan neurotransmiter yang penting untuk fungsi kognitif. Seperti ibu Anda mungkin telah memberitahu Anda ketika Anda masih kecil, makan sarapan yang sehat menetapkan semangat untuk hari-hari Anda dan mempersiapkan Anda untuk belajar dan mengingat informasi.

Otak membutuhkan pasokan asam amino untuk menjaga konsentrasi, fokus dan tingkat energi yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa ketika asam amino kekurangan berlangsung, belajar dan koordinasi terganggu, tetapi setelah semua asam amino yang diperlukan diperkenalkan kembali ke dalam diet, belajar dan keterampilan motorik meningkat.

6. Bantuan untuk Menjaga Tulang Kuat

Banyak penelitian sekarang menunjukkan bahwa hubungan positif antara makan lebih banyak makanan dengan protein dan kesehatan tulang yang lebih baik. Efek dari protein pada tulang juga berkaitan dengan makanan protein tertentu yang dimakan dan asupan nutrisi untuk oembentukan tulang seperti kalsium dan magnesium. Diet tinggi protein dari makanan, yang kaya nutrisi dapat menyembuhkan patah tulang, mencegah kelemahan tulang, patah tulang dan bahkan osteoporosis dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu dengan metabolisme tulang.

Studi terbaru pada orang tua di AS menunjukkan bahwa kerugian tulang terbesar terjadi pada orang tua dengan asupan protein rendah 16-50 gram per hari. Itu percaya bahwa ketika seseorang makan tingkat rendah protein, produksi faktor pertumbuhan seperti insulin berkurang, yang pada gilirannya memiliki efek negatif pada metabolisme kalsium dan fosfat dalam tulang dan pembentukan tulang.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa hubungan terbalik antara asupan protein dan risiko penyakit jantung telah diamati pada orang dewasa, seperti diet protein tinggi muncul untuk salah satu solusi alami untuk tekanan darah tinggi. Juga, mengganti makanan karbohidrat dengan hasil protein di tingkat LDL “buruk” kolesterol dan trigliserida lebih rendah. Salah satu alasan ini mungkin benar karena diet protein tinggi berhubungan keseimbangan dengan gula darah dan cenderung untuk membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan penyebab jantung lainnya, termasuk obesitas dan diabetes.

8. Memperlambat Penuaan dan Mempromosikan Panjang Umur

Salah satu peran kunci dari makanan protein membantu tubuh untuk mensintesis glutathione, sering disebut “master antioksidan.” Glutathione disimpan dalam sel kita sendiri dan membantu kita untuk detoksifikasi dan mengurangi karsinogen yang usia kita. Hewan dan manusia studi kedua menunjukkan bahwa asupan protein yang cukup sangat penting untuk pemeliharaan glutathione dan membantu tubuh tetap dalam keadaan seimbang “homeostasis.” Kekurangan Glutathione berkontribusi terhadap stres oksidatif, yang memainkan peran kunci dalam penyakit yang berhubungan dengan usia seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakit hati, cystic fibrosis, anemia sel sabit, kanker dan infeksi virus.

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi asam amino yang seimbang dari makanan protein dapat membantu mengobati kehilangan otot akibat penuaan (disebut sarcopenia). Diet yang memiliki tingkat protein yang cukup membantu untuk memperlambat proses penuaan dengan menjaga massa otot utuh, mendukung tulang yang kuat, dan menjaga fungsi kognitif dan kekebalan tubuh yang tinggi. Pada orang tua, kekurangan asam amino yang berpotensi dapat menyebabkan masalah mata seperti katarak, masalah jantung, kehilangan otot, kelemahan dan perubahan mood.

Ketika usia Anda bertambah tua, tubuh Anda kurang mampu mensintesis asam amino sendiri, yang merupakan salah satu alasan mengapa jumlah otot yang Anda miliki cenderung menurun selama bertahun-tahun sementara lemak terakumulasi. Ini membuatnya bahkan lebih penting bagi Anda untuk makan banyak makanan kaya protein untuk mendukung tidak hanya berat badan yang sehat, tapi untuk menjaga memori Anda tajam, energi, dan kekuatan dan keseimbangan di tempat.

Apakah Ada Kekhawatiran Dengan Makan Terlalu Banyak Protein?

Beberapa orang khawatir bahwa ginjal atau fungsi hati dapat menderita ketika diet mereka terlalu tinggi protein. Namun, tidak ada banyak bukti bahwa diet yang memiliki moderat untuk tingkat tinggi protein berkualitas tinggi akan menyebabkan masalah pada orang sehat. Demikian pula, seperti yang disebutkan sebelumnya, protein tampaknya membantu dengan tulang dan kesehatan jantung, sebagai lawan mencegah risiko untuk kondisi kesehatan memburuk.

Makan tingkat yang sangat tinggi dari protein berkorelasi dengan beberapa risiko kesehatan dalam kasus tertentu. Makan lebih banyak kalori secara umum dari tubuh Anda dapat menggunakan, apakah dari protein atau sumber lain, tidak akan menghasilkan kesehatan yang lebih baik dan berkontribusi untuk berat badan. Terlalu banyak protein tinggi juga mungkin menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, perubahan kadar gula darah, dan mungkin bakteri dan pertumbuhan jamur di dalam usus.

Mengabaikan nutrisi lain dan makan sejumlah besar protein juga dapat menempatkan stres pada organ Anda saat mereka bekerja untuk menyeimbangkan tingkat pH tubuh Anda (karena makanan hewani memiliki kandungan asam dari alam), ditambah protein membuat tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak produk limbah nitrogen dari darah Anda .

Tentu saja, makan diet baik yang bervariasi dalam hal makanan penting untuk kesehatan yang optimal. Untuk jumlah itu, protein memainkan peran besar dalam diet sehat tapi kualitas adalah kunci utama, ditambah Anda tidak hanya ingin memuat makanan protein sepanjang hari tanpa makan cukup sayuran, buah-buahan dan lemak sehat.

Selain dari berbagai makanan diatas, protein hewani juga bisa Anda dapatkan dalam produk herbal Compound Marrow Powder. Produk ini merupakan produk Green World yang memiliki kandungan protein tinggi yang di tambah dengan kandungan nutrisi lain dari bahan alami lainnya. Dengan demikian, kebutuhan protein dan nutrisi lainnya dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi produk ini. Infrormasi dan keterangan lebih lanjut silahkan KLIK >> Protein Dalam Compound Marrow Powder

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan bergabung bersama kami di Facebook, Twitter, atau Google+

Baca juga : Manfaat Lecithin Dalam Compund Marrow Powder

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini!

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: