Manfaat Penting Vitamin D Dalam Calcium Softgel Bagi Kesehatan

By | 23/05/2016

Manfaat Penting Vitamin D Dalam Calcium Softgel Bagi Kesehatan – Vitamin D, juga dikenal sebagai vitamin sinar matahari, dapat diproduksi dalam tubuh dengan paparan sinar matahari ringan atau dikonsumsi dalam makanan atau suplemen.

Memenuhi asupan vitamin D penting untuk pengaturan penyerapan kalsium dan fosfor, pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, dan disarankan untuk memasok efek perlindungan terhadap beberapa penyakit dan kondisi seperti kanker, diabetes tipe 1 dan multiple sclerosis.

Vitamin D memiliki peran ganda dalam tubuh, membantu untuk:

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, otak dan sistem saraf
  • Mengatur tingkat insulin dan membantu manajemen diabetes
  • Fungsi dukungan paru-paru dan kesehatan jantung
  • Mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan kanker.

Terlepas dari nama, vitamin D dianggap sebagai pro-hormon dan tidak benar-benar vitamin. Hal ini karena tubuh mampu memproduksi vitamin D sendiri melalui aksi sinar matahari pada kulit, sementara vitamin adalah nutrisi yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan harus diperoleh melalui makanan atau suplemen.

Mendapatkan paparan sinar matahari pada kulit langsung selama 5-10 menit 2-3 kali per minggu memungkinkan tubuh untuk memproduksi vitamin D yang cukup. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hingga 50% dari orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia kekurangan vitamin D. Ada beberapa faktor yang mungkin berkontribusi terhadap kekurangan vitamin D, yang akan Anda ketahui lebih lanjut dalam artikel ini.

Vitamin D diproduksi ketika sinar matahari mengubah kolesterol di kulit menjadi calciol (vitamin D3). Vitamin D3 kemudian diubah menjadi calcidiol (25-hydroxyvitamin D3) di hati. Ginjal kemudian dikonversi calcidiol ke dalam bentuk aktif dari vitamin D, yang disebut calcitriol (1,25-hydroxyvitamin D3). Dengan demikian, statin dan obat-obatan atau suplemen yang menghambat sintesis kolesterol lainnya, fungsi hati atau fungsi ginjal dapat mengganggu sintesis vitamin D.

Fakta pada vitamin D

Berikut adalah beberapa poin penting tentang vitamin D.

  • Peran utama vitamin D adalah untuk mendukung pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi
  • Seseorang berkulit putih dengan paparan tubuh penuh sinar matahari dapat mensintesis hingga 20.000 IU vitamin D3 dalam 20 menit.
  • Kekurangan vitamin D adalah umum, terutama pada orang tua, bayi, orang dengan kulit gelap dan orang yang tinggal di lintang yang lebih tinggi atau yang mendapatkan sedikit paparan sinar matahari.
  • Kekurangan vitamin D telah terlihat pada sampai dengan 80% dari pasien patah tulang pinggul.
  • 800IU vitamin D per hari mengurangi risiko patah tulang sebesar 20% pada orang tua dan mengurangi risiko jatuh.
  • Metabolisme vitamin D dapat dipengaruhi oleh beberapa obat, termasuk barbiturat, fenobarbital, dilantin, isoniazid dan obat-obatan statin.

Manfaat Penting Vitamin D Dalam Calcium Softgel Bagi Kesehatan

Berikut merupakan manfaat kesehatan potensial dari vitamin D, dari membantu kesehatan tulang hingga untuk memungkinkan pencegahan kanker.

1) Vitamin D untuk kesehatan tulang

Vitamin D memainkan peran penting dalam regulasi kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah, dua faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D juga di butuhkan untuk menyerap kalsium dalam usus dan untuk merebut kembali kalsium yang lain akan dibuang melalui ginjal.

Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis, penyakit yang ditandai dengan penampilan kaki berbentuk busur yang dipicu oleh gangguan mineralisasi dan pelunakan tulang.

Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D bermanifestasi sebagai osteomalacia atau osteoporosis. Hasil osteomalacia kepadatan tulang yang buruk, kelemahan otot dan sering menyebabkan fraktur semu kecil dari tulang belakang, tulang paha dan humerus. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang paling umum di kalangan wanita pasca-menopause dan laki-laki yang beranjak tua.

2) Mengurangi risiko flu

Penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang diberikan 1.200 IU vitamin D per hari selama 4 bulan selama musim dingin mengurangi risiko infeksi influenza lebih dari 40%

3) Mengurangi risiko diabetes

Beberapa studi observasional telah menunjukkan hubungan antara konsentrasi darah vitamin D dalam tubuh dan risiko diabetes tipe 2. Dalam diabetes tipe 2, kadar vitamin D yang tidak memadai dapat memiliki efek buruk pada sekresi insulin dan tolerance.3 glukosa Dalam satu studi tertentu, bayi yang menerima 2.000 IU / hari vitamin D memiliki risiko 88% lebih rendah terkena diabetes 1 oleh jenis usia 32.

4) Kesehatan Bayi

Anak-anak dengan tekanan darah normal yang diberi 2.000 IU / hari memiliki perubahan signifikan terhadap kekakuan dinding arteri setelah 16 minggu dibandingkan dengan anak-anak yang hanya diberi 400 IU / hari.

Rendahnya status vitamin D juga telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dan tingkat keparahan penyakit anak atopik dan penyakit alergi, termasuk asma, dermatitis atopik dan eksim. Vitamin D dapat meningkatkan efek anti-inflamasi glukokortikoid, sehingga berpotensi berguna sebagai terapi suportif untuk orang dengan steroid-tahan asthma.5,8

5) Kehamilan Sehat

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D tampaknya berada pada risiko lebih besar terkena preeklamsia dan membutuhkan operasi caesar. Status vitamin D yang buruk juga terkait dengan diabetes mellitus gestasional dan vaginosis bakteri pada wanita hamil. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa kadar vitamin D yang terlalu tinggi selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan alergi makanan anak selama dua tahun pertama kehidupan.

6) Pencegahan Kanker

Vitamin D sangat penting untuk mengatur pertumbuhan sel dan untuk komunikasi sel ke sel. Beberapa studi telah menyarankan bahwa calcitriol (bentuk hormon aktif vitamin D) dapat mengurangi perkembangan kanker dengan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, meningkatkan kematian sel kanker dan dengan mengurangi proliferasi sel dan metastasis. Vitamin D memiliki pengaruh terhadap lebih dari 200 gen manusia.

Kekurangan vitamin D juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, multiple sclerosis, autis, penyakit Alzheimer, rheumatoid arthritis, keparahan asma dan flu babi.

Direkomendasikan asupan vitamin D

Asupan vitamin D dapat diukur dengan dua cara: dalam mikrogram (mcg) dan Unit Internasional (IU). Salah satu mikrogram vitamin D adalah sama dengan 40 IU vitamin D. Para intake vitamin D sepanjang hidup diperbarui oleh Institutes of Medicine (IOM) pada tahun 2010 dan saat ini ditetapkan yang direkomendasikan:

  • Bayi 0-12 bulan – 400 IU (10 mcg)
  • Anak-anak 1-18 tahun – 600 IU (15 mcg)
  • Orang dewasa untuk usia 70-600 IU (15 mcg)
  • Orang dewasa di atas 70-800 IU (20 mcg)
  • Hamil atau menyusui perempuan – 600 IU (15 mcg).

Meskipun tubuh memiliki kemampuan untuk membuat vitamin D, ada banyak alasan terhadap kekurangan yang terjadi. Pigmen kulit yang lebih gelap dan penggunaan tabir surya secara signifikan dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap radiasi ultraviolet B (UVB) yang dibutuhkan untuk memproduksi vitamin D.

Sebuah tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 30 dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mensintesis vitamin dengan 95%. Kulit juga harus langsung terkena sinar matahari, tidak tertutup oleh pakaian, untuk memulai produksi vitamin D. Bahkan sudut di mana sinar matahari menghantam bumi dapat mempengaruhi penyerapan.

Orang-orang yang tinggal di lintang utara atau daerah polusi tinggi, bekerja di malam hari dan tinggal di rumah pada siang hari atau tinggal di rumah harus bertujuan untuk mengkonsumsi tambahan vitamin D dari sumber makanan bila memungkinkan. Bayi dengan ASI eksklusif juga berisiko tinggi kekurangan vitamin D, terutama jika mereka berkulit gelap atau memiliki minimal paparan sinar matahari. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa semua bayi yang disusui harus menerima 400 IU / hari suplemen vitamin D.

Suplemen vitamin D sudah banyak tersedia, tapi yang terbaik adalah untuk mendapatkan vitamin atau mineral melalui sumber-sumber alam. Ini bukan vitamin individu atau mineral saja yang membuat makanan tertentu merupakan bagian penting dari diet kita, tetapi sinergi bahwa nutrisi  makanan bekerja bersama-sama dan memungkinkan untuk penyerapan yang lebih besar. Misalnya, vitamin D larut dalam lemak, yang berarti bahwa penyerapan membutuhkan lemak dari makanan. Selain itu, magnesium diperlukan untuk mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktifnya.

Telah terbukti berkali-kali bahwa mengisolasi nutrisi tertentu dalam bentuk suplemen tidak akan memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti mengkonsumsi nutrisi dari makanan secara keseluruhan. Fokus pertama untuk memperoleh kebutuhan vitamin D harian Anda dari sinar matahari dan makanan kemudian menggunakan suplemen sebagai cadangan.

Makanan sumber vitamin D

Sinar matahari adalah sumber yang paling umum dan efisien vitamin D. Sumber makanan kaya vitamin D adalah ikan ikan minyak dan lemak. Berikut adalah daftar makanan dengan kadar vitamin D:

  • Minyak ikan cod, 1 sendok makan: 1.360 IU
  • Ikan herring, segar, mentah, 4 ons: 1056 IU
  • Swordfish, dimasak, 4 ons: 941 IU
  • Jamur maitake, 1 cangkir: 786 IU
  • Salmon, sockeye, dimasak, 4 ons: 596 IU
  • Sarden, kaleng, 4 ons: 336 IU
  • Susu skim, 1 cangkir: 120 IU
  • Tuna, kalengan dalam air, dikeringkan, 3 ons: 68 IU
  • Telur, ayam, seluruh besar: 44 IU.

Perkembangan terakhir pada makanan sumber vitamin D dari berita MNT

Memperkuat roti dengan vitamin D – sebuah episode dalam American Chemical Society (ACS) pemenang penghargaan “Tantangan Global / Kimia Solusi” seri podcast menyatakan bahwa vitamin D yang diperkaya roti bisa ditambah susu “sebagai andalan untuk menyediakan nutrisi penting yang sulit untuk mendapatkan secara alami dalam makanan. “

Risiko kesehatan potensial dari mengkonsumsi vitamin D

The Upper Level (UL) batas yang direkomendasikan untuk vitamin D adalah 4000 IU per hari. Namun, National Institutes of Health (NIH) telah menyarankan bahwa toksisitas vitamin D tidak mungkin di intake harian di bawah 10.000 IU / hari.

Konsumsi berlebihan vitamin D dapat menyebabkan lebih dari pengapuran tulang dan pengerasan pembuluh darah, ginjal, paru-paru dan jantung. Gejala yang paling umum dari hypervitaminosis D adalah sakit kepala dan mual tetapi juga dapat mencakup kehilangan nafsu makan, mulut kering, rasa logam, muntah, sembelit, dan diare.

Ini adalah total diet atau pola makan secara keseluruhan yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Hal ini lebih baik untuk makan diet dengan berbagai daripada berkonsentrasi pada satu nutrisi individu sebagai kunci untuk kesehatan yang baik.

Vitamin D merupakan salahsatu bahan utama dalam Calcium Softgel, yaitu produk herbal yang di perkaya dengan kalsium yang tinggi. Calcium Softgel merupakan produk Green World yang di produksi dengan stradarisasi Internasional menggunakan bahan pilihan terbaik para ahli kesehatan. Semua manfaat dan kebaikan Vitamin D dapat Anda temukan dalam produk ini. Informasi dan keterangan lebih lanjut silahkan KLIK >> Calicum Softgel Green World

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan bergabung bersama kami di Facebook, Twitter, atau Google+

Baca juga : 10 Posisi Seks Yang Sekaligus Dapat Membakar Lemak

One thought on “Manfaat Penting Vitamin D Dalam Calcium Softgel Bagi Kesehatan

  1. Pingback: Manfaat Ekstrak Sumsum Tulang Belakang Yak - Ramuan Herbal

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini!