Manfaat Vitamin B3 Atau Niasin Bagi Kesehatan

By | 06/12/2016

Manfaat Vitamin B3 Atau Niasin Bagi Kesehatan

Manfaat kesehatan dari niacin termasuk mempertahankan sirkulasi darah yang baik, kulit sehat, dan fungsi normal otak, meningkatkan daya ingat, membantu saluran pencernaan untuk menyerap karbohidrat yang cukup, protein, dan lemak, mengurangi efek arthritis dan memperbaiki gejala skizofrenia. Manfaat yang paling penting dari niacin atau vitamin B3 adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol tinggi dan mengendalikan mereka.

Manfaat Vitamin B3 Atau Niasin Bagi Kesehatan

Vitamin B3 juga dikenal sebagai niacin, melepaskan energi ke sel-sel tubuh, tapi niacin terutama digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda mungkin bisa mendapatkan Vitamin B3 di toko-toko suplemen.

Makanan seperti ikan, kacang-kacangan , biji-bijian kering, hati, ayam, daging merah tanpa lemak, biji-bijian, biji-bijian olahan dan kacang kering merupakan sumber yang baik dari vitamin B3.

Vitamin B3 dan berbagai bentuknya, seperti niacin, yang populer digunakan sebagai vitamin terapi untuk meringankan banyak penyakit. Niacin juga digunakan untuk mengobati pernafasan gangguan atau pembuluh darah, dan sebagai suplemen makanan yang efektif untuk mengobati pellagra, bersama dengan Lovastatin.

Vitamin B3 memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, manusia telah menemukan manfaat vitamin ini selama bertahun-tahun. Niacin terutama datang dalam 3 jenis atau bentuk, yang meliputi asam nikotinat, Niacinamide, dan Inositol hexaniacinate sebagai tablet suplemen atau dosis. Asam nikotinat membantu mengurangi kadar kolesterol darah tinggi, sedangkan Niacinamide dapat ditemukan dalam suplemen gizi.

Manfaat Vitamin B3 Atau Niasin Bagi Kesehatan

Beberapa khasiat dan manfaat vitamin B3 atau niasin dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

1. Pencernaan

Sebagai anggota vitamin B kompleks, niasin membantu dalam fungsi normal dari sistem pencernaan manusia, meningkatkan nafsu makan yang sehat, menormalkan fungsi saraf, dan kulit yang lebih bersinar.

2. Pellagra

Orang dengan otot lemah, masalah pencernaan, iritasi kulit atau pellagra mungkin memiliki kekurangan vitamin B3 yang parah. Orang-orang ini perlu untuk mengelola dosis meningkat dari suplemen vitamin B3 ke dalam diet mereka.

3. Kolesterol

Pengambilan jumlah besar niacin, sekitar 1100 miligram atau lebih dalam sehari, telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik, yang mencegah penebalan dinding dan kondisi arteri seperti aterosklerosis.

4. Larut dalam air

Niacin adalah vitamin yang larut dalam air yang dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah manusia dan tubuh memiliki pilihan untuk melepaskan vitamin berlebih melalui proses buang air kecil. Oleh karena itu, vitamin tersebut dapat diberikan kepada manusia melalui makanan dan cairan, karena tubuh kita tidak memerlukan pasokan konstan.

5. Sumber makanan

Vitamin B3 dapat ditemukan dalam daging kalkun, ikan tuna, telur, produk unggas, dadih, bir ragi, kacang tanah, kacang-kacangan, kentang, keju, beras merah, oat, barley, gandum serpih dan susu. Makanan seperti roti dan sereal juga kaya niacin. Bahkan makanan kaya tryptophan seperti yoghurt dan telur dapat meningkatkan tingkat niacin.

6. Dosis harian

Idealnya, perempuan harus memiliki setidaknya 15-18 mg per hari. Hal ini sangat bermanfaat bagi perempuan yang berada di berbagai jenis obat. Bahkan mereka yang kadang-kadang menggunakan pil tidur dapat mengembangkan kekurangan vitamin B3. Pria harus mengkonsumsi 15-19 mg setiap hari, sedangkan anak-anak harus memiliki dosis 9-13mg vitamin B3 setiap hari.

7. Seks

Niacin membantu dalam menciptakan hormon seks bagi orang yang menderita gangguan seksual seperti impotensi dan disfungsi ereksi.

8. Energi

Vitamin B3 melakukan fungsi penting dari mengubah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi.

9. Kesehatan Mental

Kekacauan mental dan kondisi terkait dapat disembuhkan dengan pemberian suplemen niacin atau obat obat yang mengandung vitamin B3.

10. Diabetes

Niacin dikenal untuk mengobati diabetes dan kadar gula darah tinggi. Kebanyakan pasien diabetes dapat secara efektif mengontrol kadar HbA1c dengan bantuan niacin.

Meskipun jarang memiliki kekurangan niacin, masyarakat modern mungkin sebenarnya membutuhkan manfaat dari seuplemen tambahan dari niacin untuk mengobati berbagai penyakit tubuh. Ketiga bentuk niacin memiliki efek yang berbeda pada tubuh manusia. Niacinamide memiliki isi anti-inflamasi yang menonjol, sedangkan nikotinat asam & Inositol hexaniacinate dapat mempengaruhi sirkulasi darah.

Anda dapat menggunakan suplemen niacin atau vitamin B3 dengan makanan biasa atau bahkan dalam cairan. Niacin mungkin memiliki efek membius ketika diambil dalam dosis yang sangat tinggi, dan seperti biasa, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum mengambil suplemen apapun atau mengubah diet Anda dengan cara yang benar.

Demikian informasi mengenai Manfaat Vitamin B3 Atau Niasin Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda. Terimakasih dan dalam sehat selalu.

Baca juga: Manfaat Vitamin B2 Atau Riboflavin Bagi Kesehatan

Kembali ke Manfaat Kesehatan dari Vitamin

Ramuan Herbal | Manfaat Vitamin B3 Atau Niasin Bagi Kesehatan

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini!