Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung

By | 20/03/2019

Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung – Penyakit jantung dapat menyebabkan berbagai masalah yang mempengaruhi struktur dan fungsi dari hati. Hal ini paling sering berhubungan dengan aterosklerosis, atau penumpukan plak di dinding arteri, yang menyebabkan penyempitan arteri, sehingga menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung dapat mencakup masalah lain seperti penyakit arteri koroner, penyakit jantung bawaan, denyut jantung tidak teratur (aritmia), gagal jantung, masalah katup jantung dan lain-lain.

Penyebab dan gejala bervariasi tergantung pada jenis penyakit jantung. Namun, beberapa gejala umum adalah sesak napas, nyeri dada, detak jantung lambat atau bahkan kencang, pusing, kelelahan dan pingsan.

Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung

Berikut adalah 10 solusi atau Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung yang ada di rumah Anda.

1. Bawang putih

Ramuan herbal untuk kesehatan jantung yang pertama adalah bawang putih. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bawang putih dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung koroner.

Bawang putih akan membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. bawang putih juga akan meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki antitrombotik dan antiplatelet efek aggregatory.

Makan satu atau dua siung bawang putih segar setiap hari akan membantu Anda meningkatkan keseharan jantung secara menyeluruh. Jika rasanya terlalu kuat atau tidak cocok dengan Anda, minum segelas susu setelah makan bawang putih. Atau, Anda bisa mengkonsumsi suplemen dari bawang putih yang sudah banyak tersedia di toko obat herbal ataupun secara online.

2. Hawthorn

Hawthorn adalah ramuan terkenal karena manfaatnya yang dapat meningkatkan kondisi kesehatan jantung karena sangat baik untuk sistem kardiovaskular. Hawthorn akan meningkatkan aliran darah ke jantung dan meningkatkan kontraksi otot jantung, sehingga dapat memompa lebih kuat.

Hawthorn juga membantu meningkatkan kinerja jantung dan mengurangi beban kerja jantung. Selain itu, hawthorn juga memiliki efek anti-arrhythmic yang membantu menormalkan detak jantung.

Anda dapat menggunakan ramuan ini dalam bentuk suplemen yang sudah banyak beredar. Dosis umum adalah 300 sampai 600 mg tiga kali sehari. Lakukan pengobatan alami ini selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

3. Arjuna

Terminalia arjuna adalah herbal Ayurvedic yang penting untuk kesehatan jantung. Herbal ini dianggap sebagai cardio-tonik alami dan restoratif jantung. Herbal arjuna dapat memperkuat otot jantung, mengurangi kemacetan arteri dan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Kasturba Medical College di India menemukan bahwa herbal ini dapat membantu mengurangi serangan angina sebesar 30 persen. Selain itu, penggunaan jangka panjang dari ramuan ini tidak memiliki efek samping.

Cara konsumsinya cukup dengan menambahkan satu setengah sendok teh kulit pohon arjuna bubuk dan sedikit madu ke dalam segelas air hangat. Minum tiga kali sehari selama beberapa bulan.

4. Chinese Hibiscus (Bunga Kembang Sepatu Cina)

Para peneliti dari Taiwan menemukan bahwa ekstrak dari bunga kembang sepatu memiliki aktivitas anti-aterosklerosis. Bunga ini mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantu mencegah oksidasi low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat, yang menjadi salah satu penyebab aterosklerosis dan penyakit jantung.

Cara penggunaan :

  • Rebus dua kelopak bunga kembang sepatu dalam satu cangkir air.
  • Saring dan tambahkan satu sendok teh madu.
  • Minum sekali sehari selama beberapa minggu.

5. Kunyit

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mencegah aterosklerosis. Kunyit memiliki bahan aktif yang disebut curcumin yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi oksidasi kolesterol, penumpukan plak dan pembentukan bekuan.

Kunyit juga membantu dalam menurunkan LDL dan memberikan manfaat anti-inflamasi. Kunyit memiliki antioksidan kuat, sehingga bisa menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dan beberapa penyakit kronis.

Gunakan kunyit secara teratur dalam masakan Anda. Anda juga bisa merebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam satu cangkir air atau susu. Minum sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

6. Cabe Rawit

Cabe rawit mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang bermanfaat untuk mengobati jantung dan masalah peredaran darah. Hal ini juga membantu mengurangi risiko irama jantung yang tidak teratur dan menurunkan kadar kolesterol. Fitokimia hadir dalam rempah-rempah ini yang dapat membersihkan darah dan meningkatkan imunitas.

Tambahkan setengah sampai satu sendok teh cabai rawit dalam secangkir air panas. Aduk rata dan minum. Ulangi dua atau tiga kali sehari selama beberapa minggu. Anda dapat menambahkan secangkir teh kembang sepatu untuk menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Pilihan lain adalah untuk mengambil suplemen rawit seperti kapsul rawit. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang tepat dan kesesuaian untuk kasus Anda.

7. Alfalfa

Alfalfa telah diketahui memiliki manfaat untuk mencegah masalah kardiovaskular karena membantu mengurangi kadar kolesterol dan penumpukan plak.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Pakistan Ilmu Farmasi, alfalfa mungkin memiliki potensi untuk membatasi pengembangan dan perkembangan aterosklerosis.

8. Fenugreek

Fenugreek atau yang lebih di kenal dengan Hulbah atau Halba memiliki manfaat antioksidan dan dapat melindungi jantung. Hal ini sangat baik untuk mengurangi risiko aterosklerosis, berkat efek modulasi yang kuat pada tingkat lipid darah.

Ramuan herbal ini juga dapat mengurangi agregasi platelet, sehingga akan menurunkan risiko pembekuan darah abnormal yang berhubungan dengan serangan jantung dan stroke. Fenugreek juga membantu menurunkan kadar kolesterol, gula darah dan lemak berlebih.

Cara penggunaan :

  • Rendam satu sendok teh biji fenugreek dalam air semalam.
  • Keesokan paginya, makan biji direndam dalam keadaan perut kosong.
  • Lakukan setiap hari ini selama beberapa bulan.

9. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh juga kesehatan sel-sel yang membentuk lapisan terdalam dari jantung dan pembuluh darah. Teh hijau akan membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida, serta dapat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan metabolisme.

Dalam sebuah penelitian tahun 2008 di Jepang, peneliti menemukan bahwa minum lebih dari lima cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke sebesar 26 persen.

10. Olahraga

Olahraga teratur di barengi dengan diet dan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah dan mengontrol kesehatan jantung. Anda bisa melakukan olahraga aerobik seperti berjalan, jogging, bersepeda, lompat tali, dan latihan kardio sangat bermanfaat untuk memperkuat jantung dan sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, olahraga juga membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi stres dan beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Selain latihan fisik, melakukan latihan pernapasan juga bagus untuk membantu Anda lebih santai dan tenang.

The American Heart Association menyarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu, hal ini berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tips tambahan

Batasi lemak, kolesterol dan garam dalam diet Anda. Mengganti lemak jenuh dalam diet Anda dengan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Misalnya, menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega, margarin dan lemak hewan lainnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa hanya dua sendok makan minyak zaitun extra-virgin dalam diet harian Anda secara signifikan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Berhenti merokok dan membatasi asupan alkohol Anda.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Mengurangi stres dan berlatih teknik relaksasi secara teratur.
  • Menjaga diabetes di bawah kontrol.

Konsumsi suplemen seperti omega-3 suplemen, koenzim Q-10, vitamin D dan L-carnitine. Asam lemak omega-3, dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang lebih rendah, memperlambat perkembangan aterosklerosis dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke pada penderita penyakit jantung.

Tidur yang teratur dapat menurunkan risiko mengembangkan kalsifikasi arteri koroner sebesar 33 persen. Hal ini sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.

Risiko pengembangan dan memburuknya penyakit jantung meningkat karena faktor-faktor lain seperti kelainan jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, merokok, alkohol yang berlebihan atau asupan kafein, stres, penyalahgunaan narkoba, gaya hidup, penuaan dan riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung.

Beberapa Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung meskipun mungkin mengganggu obat resep tertentu atau mungkin tidak cocok untuk beberapa kasus. Jadi, carilah nasihat dari seorang kesehatan profesional sebelum mengambil Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung ini.

Ramuan Herbal || Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Jantung

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini!